You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jika Diteruskan Proyek Sodetan Bintara- KBT Akan Diperkarakan
.
photo doc - Beritajakarta.id

Sodetan Bintara-KBT Langkahi Kewenangan BBWSCC

Pengerjaan proyek sodetan Bintara-Kanal Banjir Timur (KBT) kini mulai terkuak. Belakangan, diketahui proyek sodetan yang membentang dari wilayah Bekasi hingga Jakarta Timur itu dikerjakan Pemkot Bekasi. Padahal, proyek tersebut merupakan domain Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC).

mengingat sodetan menuju KBT seharusnya di bawah kewenangan BBWSCC

Kasie Pemeliharaan Saluran Dinas Bina Marga Kota Bekasi, Budi Santoso mengakui jika proyek tersebut dikerjakan oleh pihaknya. Dikatakan Budi, proyek tersebut merupakan proyek Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL) Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PU, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk mengurangi intensitas banjir di wilayah Bintara, Bekasi, Jawa Barat. 

"Itu proyek kami, tapi kami sudah mendapat izin dari BBWSCC dan UPT BKT. Kami pikir itu sudah cukup, ternyata harus mendapat izin dari Gubernur DKI terlebih dahulu," ujar Budi, Kamis (4/9).

Proyek Sodetan Bintara-KBT Belum Ada Titik Temu

Humas BBWSCC, Putu Wirawan menampik jika proyek tersebut merupakan proyek yang menjadi domainnya. Dirinya mengaku tidak tahu dan tidak pernah mengeluarkan rekomendasi apapun terkait pengerjaan sodetan.

"Kalaupun ada, itu bertahap mulai sosialisasi dan koordinasi dengan pemerintah kota terkait. Selain itu harus ada kajiannya, seperti pengaturan debit air dan semacamnya," katanya.

Atas temuan itu, lanjut Putu, pihaknya akan melakukan pembahasan dengan institusi teknis terkait. "Akan kita telusuri kejelasannya, mengingat sodetan menuju KBT seharusnya di bawah kewenangan BBWSCC," ucapnya.

Sementara itu, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Andriyansah menyayangkan sikap Pemkot Administrasi Bekasi yang tidak terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan Pemkot Administrasi Jakarta Timur.

"Ya, tidak apa, yang penting proyek itu berhenti. Nanti kita akan surati semua yang terlibat dalam proyek tersebut," katanya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2646 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2269 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1879 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye1518 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1220 personAnita Karyati